/
Terima Kasih Anda Telah Berkunjung dan silahkan tinggalkan komentar..

Sabtu, 09 Agustus 2008

"Balita Membaca"

Balita merupakan masa yang paling peka terhadap apapun yang kita suguhkan serta ajarkan karena masa inilah pembangunan otaknya sangat pesat.Apabila anak-anak kita dirangsang belajar sambil bermain bergembira sejak dini,dikenalkan pada setiap benda sekelilingnya atau yang ditemuinya maka hasilnya akan jauh lebih cerdik daripada anak yang tidak mendapatkannya.
Umumnya anak-anak umur tiga sampai lima tahun sangat gemar untuk belajar membaca,menulis dan mengira.Ya sudah jadi fitrahnya memang masa itu mereka senang mengasah kebolehan dan belajar untuk diakui keberadaannya oleh orang dewasa.Sesuatu yang dilakukan anak dan diperhatikannya oleh kita pada usia ini akan tersimpan dengan jelas dalam memorinya untuk digunakan pada masa masa yang akan datang.
Hal yang paling mendasar untuk ditanamkan selain perilaku yang baik kita sebagai teladan adalah kemampuan untuk "membaca". Ya kadang banyak para orang tua yang menuntut ketrampilan membaca ini didapat dari sekolah pada level TK (Taman Kanak-Kanak) padahal tak satupun kurikulum Tk yang mentargetkan siswanya untuk bisa membaca.Maka kitalah orang tua yang seyogyanya membekali dari rumah dimulai sejak dini.
Sebelum berbicara banyak tentang mengajar anak membaca,ijinkan saya mengungkap bahwa Fida anak pertama saya dulu sudah bisa membaca pada usia tiga tahun,sebelun masuk TK biasa baca koran serta berita berjalan di Metro TV dan tentu saja sangat membanggakan bagi saya sebagai ibunya waktu itu.Namun setelah kumpul-kumpul dengan ibu-ibu lain juga dapet info dari beberapa buku dan majalah pendidikan anak,ternyata telah banyak anak dibawah tiga tahun sudah dapat membaca.Whell..mungkinkah??? kant ngomongnya aja masih cedal..ternyata juga nich mereka mengajarkan membaca sejak putra putri mereka masih bayi.Haaah..gimana mungkin..lha ini yang saya sendiri ga' ngerti ilmunya gimana ngajarin bayi bawah setahun untuk membaca.Mungkin sewaktu anak sudah bisa duduk biasakan mainan buku walaupun digigitin awalnya juga permainan kartu warna-warni untuk mempertajam penglihatannya sambil disisipin tulisan bergambar.


Kita faham bahwa membaca adalah jendela dunia dan hampir seluruh proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca sehingga penting ditanamkan pada anak sedini mungkin asal syaratnya tidak ada unsur pemaksaan.Arti membaca bukan hanya dalam pengertian sesungguhnya yaitu membaca tulisan namun merasakan dengan panca indra kita terhadap alam semesta ini juga termasuk kategori membaca.


Jika pada usia sebelum masuk sekolah belum dapat membaca,jelas ada sesuatu yang keliru dan ini terjadi pada anak kedua saya tercinta" Jiddan" yang sudah melewati lima tahun pertamanya.Setelah konsultasi beberapa dokter anak kami tersebut dinyatakan kekurangan nutrisi yang ke otak.Percaya ga' percaya usaha aja gimana caranya untuk menambah nafsu makannya (mang kurus banget dia hiks) walaupun ideal kesehatan anak-anak bukan diukur dari gemuk kurusnya tapi tumbuh kembang sesuai umur,tidak gampang sakit serta sesalu ceria.Namun nglihat anak ceking rasanya miris banget mesa'ne ngono sampe mikir kurang apa ni anak.Sekarang ini dia sudah mulai semangat kalau diajak belajar sambil bermain terutama minatnya terhadap kegiatan membaca ya pelan tapi pasti tak ada kata terlambat.
Perlu ditekankan....jangan memulainya dengan pengenalan abjad A - Z berurutan.. lha kelamaan bener namun :
#. Awalilah dengan mengenalkan huruf vokal a - i - u - e - o setelah betul -betul hafal dan mengamati bentuknya,barulah mulai ditambah konsonan "b" gabungkan! otomatis anak bisa membaca ba - bi - bu - be - bo sambungkan selang seling menjadi satu kata misal bobo - babi dsb.....
#. Kemudian mulai ditambah konsonan "m" gabungkan selang seling
#Kemudian mulai ditambah konsonan "l/el" gabungkan selang-seling
#Kemudian ditanbah konsonan "s" gabungkan selang-seling
#Kemudian mulai ditambah konsonan "t" gabungkan selang- seling
#Nah setelah anak senang dan menggebu berminat,buatlah kalimat sederhana dengan menggunakan huruf-huruf tersebut secara fariasi misalnya : bola mama satu (otomatis anak bisa baca) terus buatlah beberapa kalimat...
#Tanpa disadari anak kita tambahkan satu-satu huruf abjad hingga habis A - Z dan anak sudah bisa baca dua suku kata kant....
#. Setelah selesai semua barulah anak mulai belajar membacanya dengan akhiran misalnya "makan "
Dalam proses belajar mengajar membaca ini ,gunakan tulisan tangan kita sendiri bukan memakai buku cetak.
Tahap berikutnya anak sudah siap membaca buku yang sesungguhnya,sering-seringlan anak diajak ke perpustakaan atau toko buku.Pilih buku yang teks dan gambarnya terpisah,sesuaikan levelnya yang biasanya ditandai dengan perbedaan ukuran hurufnya.
TRALLLA......dalan waktu kurang dari dua bulan, akhirnya anak kita dari belum tahu apa-apa hingga pandai membaca di usia dini.Sekarang tinggal mengisinya...berilah bacaan yang bermutu dan jawablah setiap pertanyaan anak dengan gembira,jangan tegang,jangan membosankan jangan memaksa,jangan jangan..lha jangan kebanyakan "jangan".
Itu semua teori yang bisa diterapkan terhadap anak kita di Indonesia dan setelah kini pindah ke luar negeri yang pengantarnya pake bahasa Inggris,nah lho susah juga untuk yang baru setengah-setengah belajarnya mesti dirombak semua dan saya belum menemukan cara praktisnya untuk mengalihkannya karena memang ya jelas beda.Ada ide......???

6 komentar:

Novy Chrystiana mengatakan...

makasih banget sharing pengalamannya mbak fakhrun. Aliya pertama2 sy kenalkan suka buku dulu baru membaca. kebetulan di sekolah Tk nya diwajibkan bisa membaca stlh lulus. jadi umur 5 tahun sudah lancar membaca.

Untuk bhs inggris,saya pake pedoman dr "English Time" seri Time Life. Aliya cepet bgt menangkap pelajarn dari program tersebut,krn dlm bentuk permainan/game2. Udah punya belum yaaa?? kalo belum,silakan coba...

Bunda Nayla mengatakan...

Wah thanks bude buat sharingnya,mau aku coba ah biar nay cepat pintar bacanya...he..he...

Herdin O. T. mengatakan...

Saya mo coba juga buat si kk biar nanti kalo mau masuk TK sudah mengenal huruf malah kalo bisa udah mampu baca... semoga..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Thanks sharingnya Bude.. aku jg udah pake metode yg ky bude.. tapi susah nih ngajarinnya.. Shasa nya gak konsen malah pinginnya mewarnai melulu.. pdhl wktu aku msh ngajar dulu pk cr itu berhasil lho.. mgkn krn ngerasa Mama nya yg ajarin jdnya Shasa bawaannya manja..

tyas mengatakan...

aduuuh, harus punya kesabaran cadangan deh kalo ngajarin baca..
thanx infonya ya..

umi mengatakan...

assalamu'alaikum budhe...alhamdulillah akhirnya bisa gabung jadi blogger :) oia budhe adek Rifqi seneng banget tuh ma buku baby-nya, sekarang mas nya malah dah hapal isinya (pdhl buku bhs inggris hehehe)

oia budhe karena mas rafi sebenernya kurang tertarik sama buku, untuk belajar mengenal angka, huruf dll dlm bhs inggris bisa di buka di www.starfall.com alhamdulillah manjur..so emaknya gak perlu tarik urat leher buat ngajarinya kekekek