/
Terima Kasih Anda Telah Berkunjung dan silahkan tinggalkan komentar..

Senin, 28 Juli 2008

"Kurma buah berkah dari summer"

Pohon Kurma yang dalam bahasa Arab disebut Nahlah, Kurma yang belum mateng, disebut Balah, Kurma 68% mateng disebut Ruthab, dan Kurma yang sudah mateng disebut Tamr.
Seperti banyak orang Indonesia tahu, Kurma berasal dari negara padang pasir. Ia hanya berbuah ketika musim panas. Begitu juga di Qatar. Musim panas sedang hebat-hebatnya, maka di sepanjang jalan, pohon kurma yang saya lihat pasti berbuah.Tapi sebagian besarnya, buah kurma itu sudah dibungkus. Alasannya, sudah ada orang yang “tek-in” pohon kurma tersebut. Walaupun berada di pinggir jalan. Alasan lain, buah kurma mudah sekali jatuh, jadi jika tidak dibungkus, buahnya yang gagal akan jatuh dan mengotori lahan sekitar.Maaf nich photo pohon kurmanya ga' jadi he he..
Harga kurma relatif. Tergantung dari jenis kurma yang dibeli. Untuk kurma yang tergolong biasa-biasa saja, perkilo mungkin bisa sekitar 15 -25 Qatari Riyal (Rp. 37 ribu - Rp. 57ribu). Untuk yang bagus bisa mencapai 60 Qr (Rp. 150 ribu). Harga-harga tersebut memang relatif mahal jika di jual di Indonesia. Tapi harga itu sudah termasuk murah untuk orang-orang yang tinggal Qatar.
Itulah berkah summer yaitu tumbuhnya buah kurma yang disebut orang sebagai buah dari surga.Biasanya juga bertepatan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dimana selalu identik dengan kurma kurma dan kurma buah manis alami yang lezat berkhasiat.Konon seluruh vitamin mineral dan sumber gizi lainnya terdapat pada buah kurma ini kecuali vitamin c.Terutama kandungan kaliumnya yang berfungsi mencegah segala macam penyakit.

Tidak ada komentar: